Sistem Operasi Blackberry

Blackberry adalah perangkat seluler yang memiliki kemampuan layanan push email, telepon, sms, akses internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.

Blacberry pertama kali masuk ke indonesia pada pertengahan desember 2004 oleh operator indosat dan perusahaan starhub. Pasar blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel.

Fitur yang jadi andalan utama dan membuat blackberry tenar dipasar adalah layanan push email. Dengan push email semua email dapat diteruskan langsung ke hp dan dapat diterima dengan mudah. Selain itu blackberry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan layanan yahoo messenger, namun dilakukan melalui jaringan tersendiri dengan memasukan nomor identitas/nomor PIN. Pengguna balckberry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi blackberry (blackberry conect). Dengan ayanan ini, pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam blackberry untuk memanfaatkan blackberry internet solution. Pengguna hanya cukup menginstal blackberry connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, sehingga pengguna bisa memanfaatkan layanan blackberry internet solution.

Beberapa layanan yang disediakan oleh blckberry antara lain :

1. Blackberry Enterprise Server(BES)

Perangkat genggam blackberry terintegrasi pada sistem email yang terorganisasi melalui paket perangkat lunak yang disebut Blackberry Enterprise System (BES)

2. Blackberry Professional Software (BPS)

BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Layanan ini menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan.

3. Blackberry Internet Service (BIS)

Perangkat lunak yang diperuntukan bagi pengguna pribadi ini memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun email yang berbasis post office protocol (POP3) dan internet Message Access Protokol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instan, serta berselancar di internet.

Pada april 2010 RIM (Research In Motion) mengumumkan OS blackberry versi 6.0 yang dirilis pada kuartal 3 tahun 2010. Kemudian RIM mengumumkan OS blackberry 7 pada tanggal 2 mei 2011. Dalam hal ini pihak RIM juga mengumumkan blackberry dengan OS blackberry 7 adalah  Blackberry Bold 9900, Blackberry Bold 9930, Blackberry Torch 9810, Blackberry Torch 9850, Blackberry Torch 9860 dan Blackberry Curve 9360.

Beberapa kelebihan yang dimiliki Blackberry OS 7 diantaranya :

  1. Wi-Fi sebagai media sinkronisasi
  2. Akses browser seper cepat
  3. Terintegrasi dengan jejering sosial
  4. Tampilan halaman web yang sudah diperbaharui
  5. Fitur universal search

Untuk OS system selanjutnya pihak blackberry akan merencanakan update system Blackberry OS 10. kita tunggu saja kehadirannya di tanah air tercinta ini.

Sumber : Tabloid Pulsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s