Sejarah Dan Versi Android

Sistem Operasi Android

 

Sejarah Dan Versi Android

 

Android, Inc didirikan di palo Allto, California, amerika Serikat pada bulan oktober, 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Setelah itu pihak google mengakuisisi Android Inc pada bulan agustus 2005, embuat android Inc anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh karyawan kunci google Inc.

Sejauh ini Adroid termasuk OS yang cepat sekali merilis update terbaru versi software mereka. Update untuk sistem operasi dasar biasanya berfokus pada perbaikan bug serta menambahkan fitur baru. Umumnya setiap versi baru dari sistem operasi android dikembangkan dengan nama kode berdasarkan urutan abjad dan selanjutnya mengikuti alphabetical order seperti Cupcake v1.5, Donut v1.6, Eclair v2.1, Froyo v2.2, Gingerbread v2.3, Honycomb v3.0, dan yang terbaru adalah ICS v4.0 (Ice Cream Sandwich).

Sementara untuk versi Honeycomb v3.0 yaitu OS yang berorientasi pada tablet yang mendukung perangkat layar yang lebih besar dan memperkenalkan banyak fitur baru antar muka pengguna, serta mendukung prosesor multicore dan akselerasi hardware untuk grafis. Honycomb v3.0 pertama yang menampilkan versi ini adalah Motorola Xoom. Untuk versi terbaru Ice Cream Sandwich v4.0 kemungkinan google akan merilis pada tahun 2012 mendatang.

Khusus disini maka pembahasan akan menyentuh beberapa fitur baru yang ada pada versi android Gingerbread v2.3 beberapa diantaranya yang menggunakan perangkat OS android v2.3 adalah Sony Ericsson Arc, HTC Wildfire S, Maupun Samsung Galaxy S II.

Features :

1. Dukungan Pada Kamera Depan

Aplikasi kamera di android 2.3 sudah mendukung kamera depan , artinya bisa langsung memasang dua kamera diponsel android.

2. NFC ( Near-Field Communication)

Perangkat yang bisa digunakan untuk transaksi nirkabel alias dompet elektronik.

3. Ponsel Internet

Telepon via internet, atai voice over IP, tanpa aplikasi tambahan pengguna sudah bisa membuat panggilan VoIP, tentunya dengan settingan SIP manual.

4. Tampilan yang lebih rapih

Tampilan antarmuka dari Gingerbread bakal makin rapih dan mudah dipelajari. Menu dan tema visual diperbaiki oleh google untuk memudahkan navigasi dan user interface yang disempurnakan.

5. Manjemen Aplikasi

Akan tersedia shortcut untuk sebuah aplikasi bernama manage Applications. Disini pengguna bisa melihat berapa besar memori yang diserap oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan. Pengguna dapat membaca keterangan lebih lanjut tentang aplikasi masing-masing dan jika perlu menghentikan aplikasi atau melaporkan kepada pengembang tesebut.

6. Copy Paste

Kemampuan untuk memilih (select) lalu menekan copy, cut atau paste di Gingerbread menjadi semakin baik. Cara penggunaannya mirip yang dilakukan Apple pada iOS.

7. Manajemen Download

Aplikasi download memberikan akses mudah untuk setiap file yang didownload dari email, browser, atau aplikasi lain. Hal ini digunakan untuk lebih mudah mengatur dan menyimpan aplikasi yang telah di download.

 

Sumber : Tabloid Pulsa

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s