Istilah Dalam Bahasa HP Part I

  • Subscriber

Pengunjung situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs ataupun berlangganan melalui email. Manakala situs diupdate dengan konten baru, pelanggan akan menerima konten melalui RSS reader ataupun email.

  • DCS

Singkatan dari digital cummunication system. DCS merupakan system telepon seluler yang menggunakan teknologi GSM yang beroperasi dalam pita frekuensi 1800 MHz.

  • Storage

Lebih merupakan suatu media penyimpanan data. Storage dibedakan menjadi removable storage, yaitu media penyimpan data yang dapat dipindah sewaktu-waktu, dan non-removlabe storage, yaitu media penyimpanan yang bersifat tetap.

  • Port

Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti eksternal, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, paralel dan beberapa port USB.

  • Processor

Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem pada komputer atau ponsel. Dan suatu alat yang menterjemahkan dan melaksanakan instruksi-instruksi yang melaluinya, atau alat yang berfungsi sebagai otak komputer atau ponsel.

  • microSD

Merupakan format flash memory super kecil yang dirancang berdasarkan format memory card ScanDisk TranFlah. Tidak hanya sebatas ponsel, MicroSD mulai digunakan diperangkat digital lainnya seperti GPS, MP3 player, dan drive flash memory yang berbasiskan USB.

  • Crash

Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program seperti penggerak disk, harddisk, dan lain sebagainya.

  • DVB-H

Kepanjangan dari Digital Video Broadcast for Handheld. DVB-H lebih berfungsi untuk video streaming yang dikhususkan untuk perangkat kecil yang mudah dibawa seperti halnya smart phone atau perangkat seluler.

  • APK

Android Package, seperti hal nya IPA pada iphone (pengguna iphone) SISdi symbian S60, atau JAR pada BB (pengguna blackbery) dan java based devices yang lain. Dengan kata lain file berekstensi .apk bisa diinstal pada perangkat android.

  • Safe Mode

Dengan cara menekan tombol menu+ power, maka proses boot pada handheld terjadi secara normal tetapi tanpa regristrasi dengan google. Dengan cara ini aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengannya tidak akan bisa berfungsi seperti google maps, Gmail account, market dan lain-lain.

 

 

Sumber : Tabloid Pulsa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s