MENGENAL BAGIAN-BAGIAN GITAR

Pada umumnya gitar memiliki 3 bagian utama yaitu kepala/head stock , leher/neck dan body. berikut adalah beberapa bagian/part gitar beserta komponen pendukungnya.

Tuning machine Bagian ini terdapat pada headstock, dengan jumlah tuning peg tergantung pada jumlah senar yang di gunakan, berfungsi pada proses tuning, dengan di putar, akan membuat senar menjadi kendur/kenceng.
String guide Bagian ini biasa terdapat pada gitar elektrik yang mempunyai pola tuning machine berjajar 6, atw 4 pd bas. berguna untuk menekan senar ketika tautan senar pada tuning peg lebih tinggi di banding nut. biasa terdapat pada gitar-gitar fender.
Ring Benda ini adalah satu kesatuan dengan tuning machine. mempunyai fungsi estetika keindahan, sekaligus untuk membatasi antara tautan senar dengan headstock.
Nut Terdapat pada ujung neck yang berbatasan dengan headstock. berfungsi sebagai sandaran senar. memiliki 6 alur,untuk penempatan senar agar tetap statis. pada umumnya terbuat dari gading, tulang atau plasik.
Frets Logam melintang pada fretboard, berfungsi untuk membagi nada.
Fretboard/Fingerboard Papan tempat untuk meletakan jari-jari kita ketika sedang bermain gitar, terdapat inlay dan fret pada bagian ini.
Inlay Tanda-tanda yang terdapat pada fretboard di kolom fret 3,5,7,9,12,15,dst. biasa berbentuk bulat kecil, bintang,kotak dll. ada juga yang bermotif bunga (flower inlay). inlay pada fret 12 biasanya punya tanda beda..sebagai tanda 1 oktaf.
Truss rod Besi yang di tanam dalam neck gitar berfungsi untuk mengatur kelurusan neck. bisa di lihat ujung dari trus rod ini, pada acoustik terletak d pangkal neck di dalam tabung resonansi, sedang pada elektrik terletak pada ujung neck d headstock , ada yang terbuka tanpa penutup( fender), ada juga yang di tutup dengan mika berbentuk segitiga( ibaneyz) lonceng(gibson)
Body Bagian utama gitar. pada gitar acoustic terdiri dari 3 bagian yaitu top body, back body, dan side body. sedang pada gitar elektrik terbuat dari kayu solid, dan biasanya jenis kayu mempunyai pengaruh terhadap sustain, suara yang akan di hasilkan pick up, dan ketahanan gitar itu sendiri.
Lubang resonansi/ sound hole Terdapat pada gitar acoustik tempat suara beresonansi, pada umumnya berbentuk bulat d tengah top body di pangkal neck .
Bridge Tempat menyangkutkan pangkal senar, pada acoustik biasa terbuat dari kayu, sedang elektrik berupa tremolo, flyod rose
Sadle Tempat bersandar senar, terletak pada bridge gitar acoustik, biasa terbuat dari gading, tulang atau plastik komersil. Ketinggian sadle bisa di atur menyesuaikan keinginan, menyelaraskan jarak antara senar dan papan fret.
Cut away Adalah coakan pada body gitar deket pangkal neck, ada yang single cut away,ada juga yang double cut away.
Strap pin Tempat menyangkutnya strap gitar , terletak pada body gitar bagian bawah, dan di bagian pangkal neck belakang. terbuat dari bahan plastik, besi atau bahan keras lainnya.
Pick up Komponen pada gitar berupa lilitan tembaga pada magnet yang berfungsi untuk menangkap suara dan memaksimalkanya menjadi suara yang lebih keras dan berkarakter, pada gitar elektrik di pasang pada body di berhadapan dengan senar. sedang pada gitar acoustik pick up biasanya di letakkan di bridge gitar di bawah sadle.
Pick guard Semacam mika atw bahan yang di tempel pada body gitar untuk melindungi dari goresan jari atau pick gitar (pada acoustic). tempat untuk meletakan pick up ,volume, tone dan switch pada gitar elektrik, biasa di gunakan pada gitar-gitar merk fender.
Switch selector Terdapat pada gitar elektrik untuk mengatur suara pick up mana yang di optimalkan apakah bridge pick up, middle, atw neck pick up.
Control panel Terdapat pada body guitar elektrik bagian belakang, yang bisa di buka, untuk memeriksa/melihat komponen2 bagian dalam gitar.
Senar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s